Belajar bahasa inggris cepat. ingin menguasai bahasa inggris dengan cepat? ayo belajar disini! belajar bahasa inggris cepat dan gratis online

Pengertian dan Contoh Noun Clause

Pengertian dan Contoh Noun Clause



Kali ini kita akan membahas topik baru yaitu pengertian dan contoh noun clause. Sebelum membahas topik utama mengenai noun clause, ada baiknya kita sedikit menyinggung perihal apakah clause atau klausa.
Clause atau klausa dapat didefinisikan sebagai kumpulan dua kata atau lebih yang terdiri dari subject (subjek) dan verb (kata kerja). Ada dua jenis klausa yang perlu kita ketahui. Yang pertama adalah independent clause atau klausa yang dapat berdiri sendiri sebagai sebuah kalimat. Yang ke dua adalah dependent clause. Dependent clause adalah sebuah klausa yang memerlukan klausa lain, dependent clause, agar dapat membentuk sebuah kalimat utuh. Noun clause sendiri termasuk ke dalam dependent clause. Artinya, noun clause akan membutuhkan sebuah dependent clause agar dapat ditulis atau diucapkan sebagai sebuah kalimat.

Penjelasan Singkat mengenai Noun Clause
Diskusi mengenai pengertian dan contoh noun clause akan dibagi ke dalam beberapa bagian diantaranya penjelasan singkat mengenai noun clause, beberapa bentuk dari noun clause, dan contoh-contoh penggunaan noun clause.
Noun clause merupakan klausa yang berfungsi sebagai noun atau kata benda. Mengikuti fungsi dari noun dalam kalimat, noun clause dapat berfungsi sebagai subject ataupun object. Artinya, noun clause merupakan bagian dari sebuah kalimat yang memiliki subject dan verb dan dapat berfungsi sebagai subject atau object dari kalimat tersebut.
 Sebagai tambahan, ada jenis kumpulan kata lain yang juga berfungsi sebagai noun atau kata benda yaitu noun phrase. Namun demikian, noun phrase tidak memiliki subject dan verb seperti halnya noun clause.


Beberapa Bentuk dari Noun Clause berikut Contohnya
Ada beberapa bentuk dari noun clause yang dapat kita temukan. Berikut beberapa bentuk dari noun clause yang dapat kita gunakan.
·         Menggunakan Question Words
Salah satu cara untuk membuat noun clause adalah dengan menggunakan question words atau kata tanya antara lain what, where, which, when, why, who dan how. Contoh dari penggunaan kata tanya dalam sebuah noun clause dapat dilihat pada kalimat-kalimat di bawah:
-          I do not know where he lives.
-          Where he lives is none of my business.
-          He knows what he loves to do.
-          What he loves to do must be something important in his life.
·         Menggunakan Wheter atau If
Menggunakan whether atau if, noun clause dapat digunakan seperti contoh berikut:
-          I do not know whether he will attend the class.
-          I do not know if he will attend the class.
-          Whether he will attend the class or not is still a big question.
·         Menggunakan That
Penggunaan that pada noun clause dapat dilihat pada contoh di bawah ini:
-          You surely know that he is a smart student.
-          That he is a smart student is very obvious.
Semua klausa yang bercetak miring dan tebal di atas merupakan contoh dari penggunaan noun clause pada kalimat. Untuk membuktikan bahwa noun clause berfungsi sebagai noun atau kata benda, kita dapat menggantikan klausa bercetak miring dan tebal di atas dengan it atau that. Misalnya, contoh kalimat pertama:
-          I do not know where he lives.
Dapat dirubah menjadi:
-          I do not know it. (atau)
-          I do not know that.
Dari contoh-contoh di atas, kita juga dapat membuktikan bahwa kata-kata bercetak miring dan tebal merupakan kumpulan kata yang merupakan klausa. Sebagai contoh, kalimat pertama terdiri dari dua klausa: 1) I do not know dan 2) where he lives (yang merupakan noun clause). Noun clause pada kalimat tersebut memiliki subject yaitu he dan verb yaitu lives.

Noun Clause sebagai Subject dan Object
Seperti yang telah dibahas pada awal diskusi mengenai pengertian dan contoh noun clause di atas, kita tahu bahwa noun clause dapat berfungsi sebagai subject maupun object dalam sebuah kalimat. Hal ini dikarenakan noun clause berfungsi sebagai pengganti noun atau kata benda. Sedangkangkan kita tahu bersama bahwa subject dan object dalam kalimat haruslah noun atau kata benda.
Jika merujuk ke contoh pertama di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa klausa where he lives berfungsi sebagai object dari kalimat tersebut. Mari kita perhatikan lagi susunan kalimat tersebut:
-          I                 do not know                where he lives.
(S)                         (V)                               (O)
Sedangkan dalam contoh kalimat ke dua, where he lives berfungsi sebagai subject:
-          Where he lives                  is                      none of my business.
(S)                           (to be)                      (complement)
Selain pengertian dan contoh noun clause di atas, kita juga akan mempelajari jenis clause yang lain misalnya adverbial clause di lain kesempatan. Semoga pembahasan mengenai noun clause di atas dapat membantu kita dalam bejara kaidah-kaidah Bahasa Inggris yang baik dan benar.