Belajar bahasa inggris cepat. ingin menguasai bahasa inggris dengan cepat? ayo belajar disini! belajar bahasa inggris cepat dan gratis online

Pengertian dan contoh Kalimat Simple Present tense

Pengertian dan contoh Kalimat Simple Present tense

Pengertian dan contoh kalimat simple present tense - Kalimat simple present tense di gunakan untuk menyatakan kejadian pada waktu sekarang dan di jelaskan dalam bentuk yang sederhana.

Simple present tense juga bisa digunakan untuk menyampaikan kejadian yang dilakukan secara berulang ulang atau kebiasaan yang sering dilakukan dalam kegiatan sehari hari. digunakan juga untuk mengungkapkan suatu kebenaran umum atau general fact.

Simple present tense dapat di bentuk menggunakan rumus yang telah di tetapkan, kalimat ini bisa berbentuk Verbal dan nominal. berikut adalah rumus untuk kalimat present tense sederhana.

Rumus Simple Present tense dalam Bentuk Nominal


Subject + To be 1 + adjective /noun/ adverb

NB: To be 1 dalam bahasa inggris berbentuk Is , Are, Am. untuk menggunakan to be ini juga harus tepat dalam penempatannya, contoh : tobe Am digunakan untuk subject "I" , Is di gunakan untuk "she, he,it" dan Are digunakan untuk "we, they, you". untuk membahas lebih jauh tentang to be dalam bahasa inggris, silahkan baca artikel Pengertian to be.

Oke, kita kembali ke simple present tense, Contoh kalimat dalam bentuk Nominal:

positive : I am a teacher

Negative : I am not a teacher

Interrogative : Am i a teacher?

(+) She is smart
(-) She is not smart
(?) Is she smart?

(+) They are strong
(-) they are not strong
(?) Are they strong?

Nah contoh kalimat diatas adalah kalimat present tenses dalam bentuk nominal, selanjutnya adalah simple present dalam bentuk verbal. bentuk ini biasanya digunakan untuk menyampaikan kegiatan yang dilakukan secara berulang ulang atau kebiasaan yang sering dilakukan setiap hari. adapun rumus simple present tense dalam bentuk verbal sebagai berikut:

Rumus Simple Present Tense Dalam Bentuk Verbal

(+) S + V1 s/es + O

(-) S + do/does not + V1 + O

(?) Do/Does + S + V1 ?

NB: Dalam penggunaan akhiran "s/es" hanya digunakan pasa subject  "He, She, dan It" saja, selain itu tidak usah menggunakan akhiran ini. sedangkan untuk "DO" di gunakan pada subject "I, They, We dan You". Selanjutnya adalah "DOES" digunakan pada subject " He , She, It".

Contoh kalimat Simple Present tense dalam bentuk verbal:

(+) He Reads novel Everyday.
(- ) He Doesn’t Read novel Every Day.
(?) Does He Read novel Every Day?
(-?) Doesn’t He Read novel Every Day?

Penggunaan kalimat Simple Present Tense


Selanjutnya adalah penggunaan simpel present. ada beberapa penggunaan kalimat ini yang biasa kita gunakan sehari hari, misalnya untuk menyampaikan kejadian yang kita lakukan berulang ulang atau kebiasaan kita sehari hari. untuk lebih lengkapnya akan kita bahas dibawah ini.

Simple Present untuk aksi yang dilakukan berulang ulang ( repeated actions)


- He/she Reads a novel everyday ( dia membaca novel setiap hari) . kebiasaan membaca novel dia lakukan setiap hari.

Simple present tense untuk fakta umum 



Kalimat ini bisa juga meng idenkasi bahwa si pembicara percaya kejadian atau fakta itu benar sebelumnya, sekarang dan akan datang. kebenaran sebuah dari fakta yang di sampaikan tidaklah teralu penting dalam kalimat ini.

Contoh:

(+) California is in America
(-)  California is not in the United Kingdom

Simple present tense untuk : Kejadian yang terjadwalkan dalam waktu dekat. 


Kalimat ini biasanya digunakan untuk menyampaikan kejadian yang sudah terjadwal dalam waktu dekat yang akan datang. biasanya dalam topic kendaraan umum. bisa jiga dengan kejadian kejadian lainnya.

Contoh:

(+) The train leaves tonight at 6 PM.
(-) The bus does not arrive at 11 AM, it arrives at 11 PM.

Simple present tense untuk Sekarang (NOW) 


Kegunaan ini digunakan untuk menyampaikan kejadian yang terjadi atau tidak sedang terjadi pada waktu sekarang (now).

Contoh:

(+) I am here Now
(-) He is Not here Now

Pengertian dan rumus kalimat simple present tense -  Itu saja bahasan kita kali ini untuk kalimat present tense. Sebenarnya masih ada beberapa kegunaan dari kalimat ini, nanti akan saya tambahkan lagi, bila ada pertanyaan silahkan sampaikan pada kolom komentar dibawah. semoga bermanfaan untuk anda. baca juga artikel bermanfaat lainnya dari www.berbahasaingris.com.